Pages

 

Sabtu, 04 Juni 2011

Tiga Pemain Naturalisasi Akhirnya Resmi WNI, Diproyeksi Ikut Seleksi Timnas U23 dan Senior

0 comments
Tiga pemain keturunan Ruben Wuarbanaran, Joey Suk dan Diego Michiels telah mendapatkan status sebagai warga negara Indonesia [WNI], dan berpeluang memperkuat timnas senior dan timnas U-23 di SEA Games 2011 nanti.

Deputi bidang teknis Badan Tim Nasional [BTN] PSSI Iman Arif mengatakan, kepastian itu diperoleh setelah ketiga pemain tersebut sudah mendapatkan surat keterangan dari kementerian hukum dan HAM.

“Surat keputusan untuk Ruben, Joey, dan Diego sudah keluar. Proses naturalisasi sudah sesuai dengan jadwal. Mereka hanya tinggal foto untuk membuat paspor,” ungkap Iman.

Setelah pengurusan ketiga pemain tersebut, BTN selanjutnya akan mengurus surat-surat tiga pemain lainnya yang akan memperkuat timnas senior, yakni Sergio van Dijk, Johny van Beukering dan Stefano Lilipaly.

“Jika pengurusan Sergio, Johny dan Stefano sudah selesai, maka selanjutnya akan mengurus surat-surat Victor Igbonefo dan Greg Nwokolo,” kata Iman.

“Menaturalisasi pemain ini tidak akan berlangsung terus. Kami tetap akan memperhatikan pembinaan pemain muda sebagai bagian dari program jangka panjang kami.”
 

Tiga pemain keturunan Indonesia-Belanda yang telah dinaturalisasi tersebut juga akan diikutkan seleksi tim nasional senior yang diproyeksikan untuk mengarungi pertandingan pra Piala Dunia 2014 menghadapi Turkmenistan.
 
Iman Arif mengungkapkan bahwa dengan dipanggilnya ketiga pemain naturalisasi tersebut ke seleksi timnas senior, maka mereka berpeluang memperkuat dua timnas sekaligus yaitu timnas U-23 dan timnas senior.

Tiga pemain muda yang akan dipanggil oleh jajaran pelatih dan akan bersaing dengan pemain senior adalah Ruben Wuarbanaran, Diego Michiels dan Joey Suk. Ketiga pemain tersebut masih berada di Belanda saat ini.

"Persaingan untuk merebutkan tim inti timnas senior akan lebih ketat dibandingkan sebelumnya. Mereka nantinya akan bersaing dengan Bambang Pamungkas, Firman Utina maupun Christian Gonzales. Yang jelas, siapa yang terbaik itulah akan memperkuat timnas senior," kata Iman Arif.

Selain itu, diperkirakan akan ada enam pemain naturalisasi tambahan yang akan bersaing di timnas senior. Tiga pemain senior yang saat ini menjalani proses naturalisasi adalah John van Beukering, Sergio van Dijk dan Stefano Lilipaly. Selain itu ada tiga pemain yang mengajukan diri menjadi warga negara Indonesia yaitu Victor Igbonefo, Greg Nwokolo dan Tonny Cussel.

Tetapi meskipun berstatus pemain naturalisasi, mereka tetap tidak mendapatkan jaminan diterima di timnas. "Perlu diingat, semua pemain naturalisasi belum tentu masuk timnas. Semuanya tergantung dari pelatih, karena untuk tim semua keputusan ditangan pelatih," ujar Iman Arif.



Berita terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar