Pages

 

Rabu, 18 Januari 2012

Ekonomi Semakin Membaik, Moody's Naikkan Peringkat Indonesia ke Investment Grade

0 comments

Sebulan sebulumnya pemeringkat ekonomi dunia Fitch Ratings menaikkan daya ekonomi Indonesia yaitu pada sektor long term foreign dan local currency Issuer Default Ratings (IDR) Indonesia menjadi BBB- dari BB+.

Kembali ekonomi Indonesia mencatat prestasi setelah pada hari ini. Rabu 18 Januari 2012, lembaga pemeringkat terkemuka dunia Moody’s mengumumkan dalam siaran pers-nya bahwa Indonesia telah berhasil meningkatkan rating ekonomi menjadi Investment grade.

Moody's adalah badan pemeringkat dunia yang menyediakan jasa analisa keuangan dan analisa atas lembaga usaha dan lembaga pemerintah
Lembaga tersebut  menaikkan peringkat surat utang pemerintah Indonesia dari Ba1 menjadi Baa3.  Dalam siaran pers-nya, Moody's mengatakan ada empat pendorong utama keputusan ini. Pertama, Moody's mengantisipasi kebijakan finansial akan sejalan dengan peringkat Baa.


Kedua, pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukkan ketahanannya terhadap guncangan eksternal. Ketiga, adanya kebijakan mengatasi kerentanan finansial. Keempat, sistem perbankan yang sehat dan mampu menahan goncangan.

Sementara itu,
country ceiling dinaikkan menjadi BBB, dan short term foreign-currency IDR dinaikkan menjadi F3.

Philip McNicholas dalam dilansir vivanews mengatakan. "Kenaikan peringkat ini mencerminkan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan resilien, rasio utang publik yang rendah dan terus menurun, likuiditas eksternal yang menguat, serta kerangka kebijakan makro yang hati-hati," kata Grup Direktur Fitch's Asia-Pacific Sovereign Ratings.



Berita terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar